Diberdayakan oleh Blogger.

Jurus Penggiat Otomotif Mengail Untung di Era Digital

Share & Comment

Tema Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang mengusung tema Future in Motion, yang diartikan sebagai sebuah pergerakan teknologi pada kendaraan listrik, otonom, dan digital, akan membahas tentang transformasi teknologi dari industri otomotif melalui beragam program yang diadakan melalui pameran.





Menjelang penyelenggaraan GIIAS pada 18-28 Juli, penyelenggara mengadakan acara GIIAS Talk X Blibli.com bertajuk Memberdayakan Otomotif Ide Baru. Acara berformat talkshow yang dilaksanakan di ICE, BSD City, Tangerang, pada Sabtu (29/6/2019), ini diharapkan menginspirasi masyarakat.





“GIIAS adalah inspirasi teknologi otomotif, dan Gaikindo ingin agar penyelenggaraan GIIAS dapat menjadi ajang yang memberikan informasi, edukasi, dan manfaat bagi masyarakat Indonesia, oleh karena itu kami harapkan program GIIAS Talk dapat memberikan inspirasi sekaligus membantu ide-ide terbaru dalam peralihan di bidang otomotif , ”Tutur Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo.





GIIAS Talk mengajak komunitas untuk lebih mengenal dunia otomotif dengan mengupas perkembangan dunia otomotif dari berbagai sudut pandang. M. Fadli, atlet Paralympic, misalnya, yang kariernya dimulai sebagai atlet otomotif, hingga kejadian naas saat sedang dipucuk menang tidak dapat menghentikan semangatnya untuk terus berjuang dan mencoba cabang olah raga lain.





”Titik balik buat saya adalah saat saya memutuskan untuk menyelesaikan karir saya sebagai atlet, tidak selesaikan dan dilepaskan melalui cabang olahraga yang dapat dibilang sama dengan menantangnya dengan cabang olahraga yang saya geluti sebelumnya,” tutur Fadli.





Kecintaannya Fadli terhadap otomotif tidak hilang dan terus membuktikan diri. Ia pun terus menyemangati dan memberi motivasi untuk para penggiat otomotif harus bisa melihat berbagai peluang. Peluang besar datang dari perkembangan dunia digital, yang memberikan berbagai pemikiran positif bagi dunia otomotif. Baik itu dari sisi media online berbasis otomotif maupun pertumbuhan komunitas otomotif online, hingga jual beli produk otomotif di platfom digital.





Menurut Hartono Sufi, Kepala Pemasaran Modifikasi.com, media berbasis komunitas menyediakan ruang bagi para anggota komunitas otomotif khusus untuk terus berkembang. “Komunitas otomotif terus berkembang dari masa kemasa, mulai dari bentuk, tujuan, dan cara berkomunikasinya. Saat ini media online merupan wadah paling efektif untuk komunitas otomotif mencari informasi dan saling berkomunikasi, ”ungkapnya.





Menurutnya dunia otomotif memiliki banyak peluang untuk menumbuhkan potensi belajar baru. Kunci untuk terus berkembang adalah harus bisa melihat perubahan yang terjadi agar bisa mengimbangi kebutuhan informasi penggiat dunia otomotif.





Platform Digital





Tidak hanya dari sisi komunitas saja, dunia digital kini bersinergi dengan industri otomotif untuk memberi konsumen otomotif pengalaman yang melengkapi kompilasi mereka mencari dan membeli produk-produk otomotif, mulai dari suku cadang hingga kendaraan. Lay Ridwan Gautama Kemitraan Perdagangan SVP Blibli.com mengatakan Blibli.com menjadi platform yang melengkapi pengalaman pelanggan saat membeli produk otomotif.





Di Blibli.com, para pelanggan dapat meminta harga, membandingkan spesifikasi dan mendapatkan penawaran khusus yang akan membantu mereka dalam membuat keputusan untuk membeli. "Kini telah hadir juga teknologi 360 derajat dan virtual reality (VR) yang memungkinkan para pelanggan untuk merasakan fitur inovatif yaitu virtual test drive ," sebut Lay Ridwan.





Meminta informasi tentang otomotif yang cepat, tepat dan akurat juga membuka banyak peluang bagi para pembuat konten, dan menjadikannya salah satu profesi yang banyak dicari orang di era digital ini. Menurut Fitra Eri, yang dikenal masyarakat sebagai pengkaji otomotif dengan jumlah pengikut fantastis ini, pekerjaan pembuat konten menjadi salah satu pekerjaan impian bagi banyak orang karena cukup mudah, padahal pada kenyatannya untuk pemirsa keinginan pemirsa tidak perlu para pembuat konten untuk berfikir kreatif dan di luar kotak .





Menurut dia, berkembangnya teknologi otomotif semakin banyak yang bisa dikunjungi. "Jangan hanya mengulas kendaraan dari performanya saja, tetapi dari teknologi yang hadir dalam kendaraan itu," paparnya. Fitra Eri mengatakan perkembangan otomotif di Indonesia dengan tema GIIAS 2019 yaitu Future in Motion . ”Kendaran mulai berkembang menuju fase yang lebih mengedepakan teknologi dan digital,” jelasnya.





Perkembangan industri otomotif ada dalam kecepatan penuh, di mana saat ini efek yang diambil sudah dapat diterima, berbagai teknologi canggih yang dibenamkan diberbagai jenis kendaraan masa depan otomotif yang dengan cepat menjadi bagian masyarakat pecinta otomotif Indonesia.





Demikian, Kukuh Kumara Sekretaris Umum Gaikindo, menyampaikan industri otomotif Indonesia memberikan dukungan penuh untuk pemerintah dalam program percepatan pengembangan kendaraan listrik. Meminta bantuan industri otomotif di Indonesia, telah melakukan proyek percontohan untuk kendaraan listrik. “Minta bantuan kendaraan berdasarkan EV ini untuk keperluan pasar Indonesia, permintaan dapat tumbuh sesuai permintaan kendaraan EV dapat bersaing dengan kendaraan konvensional,” ujar Kukuh.





Ia juga menjelaskan tentang pembangunan infrastruktur pendukung dan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) atau stasiun pengisian yang membutuhkan waktu juga menjadi salah satu faktor yang meningkatkan.





Sementara perkembangan teknologi kendaraan semakin canggih dan ramah lingkungan, termasuk teknologi bahan bakar. Indonesia juga sudah menjadi bagian dari pergerakan ini dengan rencana pemerintah mengembangkan teknologi bahan bakar minyak ramah lingkungan ( bahan bakar hijau) , bahan bakar yang berasal dari sumber daya alam nabati, yaitu bahan bakar, dari sisi bahan baku penggunaan bio bahan bakar di tanah air merupakan penghasil terbesar di dunia. “Pengembangan bahan bakar hijau ini berhasil baik oleh GAIKINDO. Pasalnya, setuju beragam sumber bahan bakar hijau di Indonesia, dan dari sisi spesifikasi mesin tidak perlu perubahan yang signifikan. ”Jelas Kukuh.





Peserta GIIAS di edisi ke-27 tahun ini akan menampilkan total 20 merek kendaraan penumpang, yaitu Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, JEEP, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan , Renault, Suzuki, Toyota, VW, Wuling. Serta 10 merek kendaraan komersial dan karoseri, DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, UD Trucks, dari karoseri akan dihadiri Adi Putro, Laksana, dan Tentrem. 11 merek sepeda motor juga akan hadir mulai dari Benelli, Harley Davidson, Honda, Kawasaki, Kymco, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki, Vespa, dan Viar. Sementara dari industri pendukung, lebih dari 300 merek telah dicatatkan komitmennya untuk mengikuti acara tahunan tersebut.





Sumber : https://swa.co.id/automotive/jurus-penggiat-otomotif-mengail-untung-di-era-digital





kost berantakan, kotor, dan kurang nyaman? klik jasa bersih kost jogja untuk mendapatkan solusi terbaik


Tags: , , , ,

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

 

Popular Content

Recent Posts

Why to Choose RedHood?

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas nec vestibulum lorem. Nam ultricies dolor nulla, ut congue odio ultrices. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas nec vestibulum lorem.
Copyright © KONVEKSINDO JOGJA | Designed by Templateism.com